Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Senjangan Anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Main Article Content

Tun Huseno

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan ketidakpastian lingkungan baik secara parsial maupun simultan terhadap senjangan anggaran pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah  105  responden  dan  diambil  secara  purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang dikumpulkan dengan teknik survei dengan menyebarkan kuesioner kepada masing-masing pejabat eselon III dan IV di SKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Teknik  analisis  yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.


Hasil analisis hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap senjangan anggaran. Komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap senjangan anggaran. Ketidakpastian lingkungan tidak berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Hipotesis secara simultan menunjukan partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap senjangan anggaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HUSENO, Tun. Pengaruh Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi Dan Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Senjangan Anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Teori dan Riset Administrasi Publik, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 40-48, aug. 2017. ISSN 2579-3195. Available at: <http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/J-TRAP/article/view/12>. Date accessed: 26 may 2018. doi: https://doi.org/10.24036/j-trap.v1i1.12.
Section
Articles