Jurnal Teori dan Riset Administrasi Publik http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP <p>Dipublikasikan oleh Jurusan Ilmu Administrasi Negara bekerjasama dengan Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara (AsIAN) Indonesia. Jurnal ini mencakup isu-isu kontemporer tentang teori, riset, aplikasi administrasi publik. Tujuan jurnal ini adalah memromosikan <em>sharing, create</em>, dan <em>understanding knowledge</em> tentang berbagai isu teori, riset, dan aplikasi administrasi publik. J-TRAP mengundang para kontributor dari ilmuwan, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan di tingkat lokal, nasional, maupun global untuk berpartisipasi dalam mempublikasikan karya ilmiahnya.</p> en-US sintawestika@fis.unp.ac.id (Sinta Westika Putri) islipilia@fis.unp.ac.id (Intan Slipilia) Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Persepsi Masyarakat Di Kecamatan Kuranji Tentang Layanan Mobile Banking (BRIMO) http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/103 <p>This stuldy aims tol&nbsp;analyze pulblic perceptiolns regarding the ulse olf molbile banking applicatioln services (BRImol). The type olf research that researchers ulse is qulalitative research ulsing descriptive metholds. In this stuldy, researchers determined infolrmants ulsing pulrpolsive sampling techniqule. Tol&nbsp;test the validity olf the data ulsing solulrce triangullatioln techniqules and data analysis techniqules ulsing data redulctioln, data presentatioln stage, and verificatioln/colnclulsioln. The resullts olf this stuldy are that the Kulranji colmmulnity is satisfied with the BRImol&nbsp;molbile banking service, bult behind this satisfactioln, researchers folulnd colmplaints frolm the Kulranji colmmulnity oln the BRImol&nbsp;molbile banking applicatioln sulch as, the applicatioln olften lolgs olult aultolmatically, the QRIS scan olften freezes and cannolt lolg in, face recolrding which olften fail, the multatioln sectioln's financial repolrts olnly sholw the last year, and the applicatioln olften crashes even tholulgh the netwolrk is stable.</p> Amelia Nur Khairani, Fitri Eriyanti ##submission.copyrightStatement## http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/103 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000 Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/102 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dalam pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran. Menurut Zaidan Nawawi (2015:189) efektivitas merubakan hubungan atara&nbsp; out put dengan tujuan, dimana efektivitas diukur berdasarkan seberapa jauh tingkat out put, kebijakan dan prosedur dari organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas dapat dimengerti jika dilihat dari sejauh mana organisasi tersebut berhasil mendapatkan dan memanfaatkan sumber daya dalam usahanya mengejar tujuan organisasi. Jenis dari penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh di lapangan terkait efektivitas pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggunalan kebakaran berdasarkan tolak ukur indikator efektivitas yaitu: 1) kejelasan tujuan yang hendak dicapai, yang mana tujuan dari sebuah target organsasi adalah masyarakat. Akan tetapi kejelasn tujuan dari program pemberdayaan masyarakat ini belum efektif, karena masyarakat kota padang masih banyak yang tidak mengetahui adanya program ini. 2) kejelasn strategi pencapaian tujuan dari program ini sudah jelas yaitu untuk mengurangi risiko bahaya bencana kebakaran dan strategi yang dibuat damkar berjalan dengan efektif. 3) proses analisa dan perumusan kebijakan yang mantap dari program ini sudah efektif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dimasyarakat yaitu terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran. 4) perencanaan yang matang dari program ini sudah terlihat yang mana pihak damkar melakukan perencanaan terkait wilayah rawan kebakaran untuk dilakukan peningkatan dari progress program yang mereka jalankan. 5) penyusunan program yang tepat, dari banyaknya kasus kebakaran pihak damkar diberikan kewenangan dalam mengatasinya dengan menjalan program pemberdayaan masyarakat. 6) tersedianya saran dan prasaran, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat saran dan prasaran sudah memadai karena alat yang digunakan selama program dilakukan tidak terlalu banyak hanya penyampaian teori terkait kebakaran, drup air, drum api, karung goni dan tabung APART. 7) pelaksanaan tugas yang efektif dan efisien, dalam melaksanakan tupoksi damkar belum efektif. hal ini berkaitan dengan ketepatan sasaran yaitu masyarakat yang masih banyak tidak tahu adanya program ini. 8) sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik ini masih belum efektif, hal ini berkaitan dengan progress dari program yang dijalankan karena masih banyak kebakaran yang terjadi di lingkungan masyarakat. Maka dapat disimpulkan bahawa efektivitas dari sebuah program pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini masih belum efektif karena masih ada beberapa indikator efektivitas yang masih jauh dari kata efetif. Seharusnya damkar lebih memperhatikan lagi aspek tujuan yang benar-benar ingin mereka capai tidak hanya terfokus dalam menurunkan kasus kebakaran tapi juga harus melihat ketepatan sasaran dan tujuan yang akan mereka tuju.</p> Atika Resti Yulizar ##submission.copyrightStatement## http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/102 Thu, 29 Aug 2024 06:27:54 +0000 PERSEPSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SMART MOBILITY TRANSPORTASI PUBLIK http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/98 <p>Smart Mobility is one of the components in the development of a smart city, related to mobility or community movement which is often associated with public transportation. Trans Padang is city transportation that is managed directly by the Padang Sejahtera Mandiri Regional Public Company. This transportation is currently carrying out an update that targets the realization of the Padang City strategic plan 2024. However, it is certainly necessary to see the public's perception of the management of transportation operations, so that the renewal is carried out according to the needs of the community as the target user of the service. This research is descriptive qualitative research which is then processed using the Manual Data Analysis Procedure method. The coding was carried out in the stages of open coding, axial coding and selective coding which were then used as memos to visualize the research data. There were obstacles felt by the community in service, such as the absence of a scheduled departure and arrival of buses, buses with loads exceeding capacity, lack of clarity on the names of bus stops, and poor interiors. This departure schedule can be overcome by implementing a smart transport system that can produce real-time information system products, which will make it easier for the public to access bus departure and arrival information. By doing this research, it is found the real problems that occur in the field can be used as a reference in updating and improving the quality of Trans Padang services.</p> <p>&nbsp;</p> Hafifah Humaida, Aldri Frinaldi ##submission.copyrightStatement## http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/98 Thu, 29 Aug 2024 06:34:38 +0000 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MAXIM DI KOTA PADANG http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/92 <p><em>This researchx is motivated by</em> <em>the occurrence of several problems in ServiceAQuality, Price, and Promotion ofaMaxim User Satisfactionain Padang City which are seen in the parameters of the Study in Padang City, West Sumatra Province, whichxaims to determine the Effect of Service Quality, Price, and Promotion on User Satisfaction. Maxim in Padang City. This research is an associative researchxusingxquantitative descriptive analysis. The results of this research has showathatAServiceaQuality,aPricedand Promotion simultaneously havedaesignificantreffectdon Maxim user satisfactiontin Padang City, Servicerqualitythasta positive and significant effectyon Maxim user satisfaction in Padang City, Pricexhasxa positive and significant effect on Maxim userxsatisfaction in Padang City, and Promotionxhas a positive and significant effect on Maxim user satisfaction in Padang City</em>.</p> afif ulwan ##submission.copyrightStatement## http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/92 Thu, 29 Aug 2024 06:39:09 +0000 Peran Polisi Daerah (Polda) Riau Dalam Upaya Pemberantasan Peredaran Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Palsu http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/100 <p>This study intends to determine the role &nbsp;of Polda Riau in efforts to eradicate the circulation of fake BPKB. &nbsp;This research was conducted using a qualitative approach with descriptive methods, in determining researcher informants using purposive sampling methods and techniques. Data collection techniques are carried out by interviews, observation, and documentation. In testing the validity of the data, researchers used method triangulation techniques. As for data analysis techniques using data reduction, data presentation, and conclusions. The results showed that theRiau Regional Police in an effort to eradicate the circulation of fake BPKB by means of (a) upay a preemptive by conducting socialization and education to the public about the dangers of circulating fake BPKB and the importance of checking the validity of vehicle documents before making motor vehicle buying and selling transactions. &nbsp;(b) preventive efforts have conducted surveillance of workshops and car dealers suspected of being involved in the circulation of fake BPKB. (c) repressive efforts have carried out investigations and investigations against the perpetrators of making fake BPKB such as by checking the same vehicle, and when checking through the database there are irregularities with the frame number, engine and type. If anyone violates, the Riau Regional Police provides strict sanctions for the perpetrators of the circulation of fake BPKB. Furthermore, f the inhibiting actors for the Riau Regional Police in carrying out efforts to eradicate the circulation of fake BPKB, namely (1) the lack of capabilities and resources owned by the Riau Regional Police; (2) lack of public awareness about the importance of knowledge related to the circulation of fake BPKB.</p> Kris Ridha Wahyuni, Nora Eka Putri ##submission.copyrightStatement## http://jtrap.ppj.unp.ac.id/index.php/JTRAP/article/view/100 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000